dijual tanah rumah villa hotel

Cara Mengetahui Bakso Mengandung Borax Dengan menggunakan Kunyit

Bakso yang kenyal memang lebih enak.. namun tahukah anda di balik kenyalnya bakso itu terdapat bahaya yang tersembunyi ??  Dan tahukah anda ternyata dengan  kunyit anda bisa mengetahui ada tidaknya kandungan Borax di dalam makanan ??
Banyak pembuat bakso atau di tukang campur dan giling bakso, sengaja menambahkan Borax (Borak) untuk menambah kenyal dan sekaligus mengawetkannya tanpa menyimpan di freezer. Adapula yang menggunakan Formalin. Borax umumnya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan salep, bedak, bahan solder, pembersih, pengawet kayu agar kayu tidak dimakan serangga.
Borax sangat berbahaya apabila terkonsumsi oleh manusia, walaupun dalam jumlah sedikit tetapi terus menerus. Biasanya kita tidak menyadarinya, atau kita tidak mengetahuinya. Lambat namun pasti, akan menyebabkan kerusakan maupun kanker pada otak, hati, serta ginjal. 

Kunyit ternyata bisa digunakan untuk mengetahui apakah bakso mengandung Borax atau tidak.


Dua siswi SMAN 3 Semarang, yaitu Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila telah menemukan cara mudah untuk mengetahui apakah makanan  mengandung Borax atau tidak. Dengan cara menggunakan "tusuk gigi".
  • Tusukkan tusuk gigi ke kunyit terlebih dahulu,
  • Lalu tusukkan pada bakso atau makanan yang akan diuji selama 5 detik, 
  • Tarik lalu perhatikan perubahan warna yang terjadi. 
  • Bila tusuk gigi yang tadinya berwarna kuning lalu berubah warna ke Merah, maka bakso atau makanan itu positif mengandung Borax. (karena terjadi reaksi kunyit terhadap Borax) 
Mereka menamakan temuannya dengan SIBODEX (stick of borak detector). Pemuan ke  dua siswa ini berhasil memenangkan  medali emas pada sebuah ajang 10th International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014 di Jakarta.  Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu mengusung tema "Creating a Better Future through Innovation".

Jadi, anda sekarang bisa melakukan test sendiri apakah bakso kesukaan anda itu aman dari borax (borak) atau tidak, dengan menggunakan kunyit dan tusuk gigi... 

No comments:

Post a Comment